PROFESIONALISME GURU

M. Ghaza Kusairi

Guru merupakan antor terpenting dalam dunia pendidikan memiliki peran strategis untuk mencerdaskan peserta didik. Dalam kegiatan belajar-mengajar, profesional guru harus dikembangkan. Rendahnya mutu pendidikan dan kualitas lulusan menunjukan rendahnya kulaitas guru dalam mengelola pembelajaran. masih banyak di daerah-daerah terpencil guru berpendidikan rendah belum mengajau pada permendiknas nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Dengan adanya permendiknas no 16 tahun 2007 tersebut, diharapkan guru pendidikan di Indonesia memiliki kemmapuan dan skill yang memadai. Dalam proses belajar mengajar, ada empat kompetensi yang harus dimiliki dan dikuasai oleh guru, antara lain kompetensi pedagogik, profesional, keperibadain dan sosial. Empat kompetensi inilah yang belum mampu dikembangkan dengan baik oleh guru dalam proses belajar mengajar.

Rendahnya pendidikan guru, maka bertampak terhadap hasil belajar siswa di kelas. Dengan adanya otonomi daerah, dari sentralisasi menuju desentralisasi, belum mampu untuk meningkatkan mutu dan profesional guru sehingga akan berpengaruh terhadap pengelaolaan lembaga terutama dalam proses belajar mengajar.

Pemerintah daerha memilik peran kunci dalam meningkat mutu dan profesional guru dalam mengajar. Sekolah dan lulusan yang berkualitas akan tercapai apabila didukung oleh guru yang profesional sesuai dengan kebijakan pemerintah dalam permendiknas no 16 tahun 2007. Peningkatan mutu guru dan lulusan harus menjadi tanggung jawab bersama bagi para pengembang pendidikan.

Jika kualitas guru masih rendah maka akan sulit untuk mencapai lulusan yang berkualitas dan berdaya saing yang tinggi. Disinilah peran perguruan tinggi dituntut harus mampu menyelasikan permasalahan-permasalahan klasik pada dunia dunia pendidikan. Jika kita tercemati. di daerah-daerah masih banyak guru yng lulusan SMP dan SMA sebagai tenaga pendidik. Jika hal ini terus dibiarkan, maka akan merusak tatanan-tatanan pendidikan Indonesia. Dengan demikina, marilah kita majukan pendididkan Indonesia dimulai dengan meningkat profesionalisme guru dalam mengelola pembelajaran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: